WAJIB BACA!!!! PENTING! KISI-KISI UNBK IPA SMP TAHUN 2018


BEDAH KISI KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2018
Mata Pelajaran          : IPA
AlokasiWaktu            : 120 Menit
JumlahSoal                : 40butir
BentukSoal                :PilihanGanda
TahunAjaran             : 2017/2018

No.
Lingkup Materi
IndikatorSoal
No. Soal
1
Pengukuran
Disajikan gambar penggaris, peserta didik dapat mengukur lebar kertas.
1


Disajikan gambar neraca peserta didik dapat menghitung massa.
1


Disajikan gambar neraca peserta didik dapat menghitung massa benda..
1


Disajikan gamb neraca, peserta didik dapat menentukan nilai besaran yang harus ditambahkan agar seimbang
1
2
Besaran dan satuan
Disajikan tabel besaran, satuan dan alat ukur, peserta didik dapat memasangkan besaran pokok dan satuannya
2
3
Konsep zat dan perubahannya
Disajikan gambar neraca elektrik dan balok logam peserta didik dapat menentukan jenis zat.
3


Disajikan gambar neraca elektrik, gelas ukur dan potongan logam peserta didik dapat menentukan jenis zat.
3


Disajikan gambar unsur, senyawa dan campuran peserta didik dapat menunjukan gambar unsur.
3


Disajikan gambar unsur, senyawa dan campuran peserta didik dapat menunjukan gambar senyawa.
3


Disajikan gambar unsur, senyawa dan campuran peserta didik dapat menunjukan gambar campuran.
3
4
Zat dan perubahanya
Disajikan pernyataan tentang perubahan zat. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan perubahan fisika
4


Disajikan pernyataan tentang perubahan zat. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan perubahan fisika
4


Disajikan data peristiwa sehari-hari. Peserta didik dapat menentukan peristiwa yang menunjukkan sifat fisika .
4


Disajikan data tentang perubahan fisika dan kimia peserta didik dapat menyebutkan perubahan kimia.
4


Disajikan data tentang sifat kimia dan sifat fisika peserta didik dapat menyebutkan sisfat – sifat kimia.
4
5
Zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
Disajikan data tentang ciri – ciri psikis seseorang peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri psikis pecandu narkoba.
5


Disajikan data tentang ciri – ciri psikis seseorang peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri psikis efek dari kafein.
5


Disajikan data tentang zat aditif pada makanan peserta didik dapat menyebutkan pewarna alami.
5


Disajikan data tentang bahan komposisi pada bungkus makanan peserta didik dapat menyebutkan bahan pewarna dan pengawet kimia.
5


Disajikan data tentang bahan komposisi pada bungkus makanan peserta didik dapat menyebutkan bahan penyedap.
5
6
Partikel Zat
Disajikan peryataan sifat parikel zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari, Siswa dapat menentukan pasangan sifat zat dan penerapannya yang paling benar
6


Disajikan rumus kimia suatu zat, siswa dapat menentukan jumlah dan jenis atom dalam rumus kimia tersebut
6


Siswa dapat menentukan rumus kimia pada salah satu  hasil  proses perubahan kimia
6


Disajikan beberapa unsur dan lambangnya, siswa dapat menentukan pasangan unsur dan lambangnya dengan benar
6


Disajikan beberapa lambang kimia , siswa dapat menentukan yang merupakan molekul senyawa
6
7
Asam Basa dan Garam
Disajikan beberapa peryataan sifat zat, siswa dapat menentukan sifat zat tertentu
7


Disajikan tabel hasil pengujian larutan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat asam
7


Disajikan tabel hasil pengujian larutan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat basa
7


Disajikan data percobaan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat basa
7


Disajikan data percobaan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat basa dan asam
7
8
Campuran dan Larutan
Disajikan tabel zat dan sifatnya, siswa dapat menentukan zat tersebut merupakan senyawa atau campuran disertai alasannya
8


Siswa dapat menentukan pengertian senyawa
8


Siswa dapat menentukan zat yang tergolong unsur dalam kehidupan sehari hari
8


Siswa dapat menentukan molekul unsur 
8


Disajikan beberapa rumus kimia,siswa dapat menentukan yang merupakan molekul unsur dan molekul senyawa
8
9
Gerak Lurus
Disajikan gambar hasil ketikan ticker timer, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus yang terjadi
9


Disajikan gambar hasil ketikan ticker timer, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus yang terjadi dan contoh yang sesuai
9


Disajikan gambar gerak pada lintasan tertentu, siswa dapar menentukan  jenis gerak lurus
9


Disajikan beberapa contoh gerak, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus yang sesuai
9


Disajikan grafik dan peryataan gerak lurus, siwa dapat menentukan jenis gerak lurus yang sesuai
9
10
Hukum Newton
Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan yang merupakan contoh hukum I  Newton
10


Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan yang merupakan contoh hukum I dan III Newton
10


Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan yang merupakan contoh hukum I,II,III Newton
10


Disajikan beberapa gambar gaya dan massa benda, siswa dapat menentukan percepatan terbesar
10


Disajikan beberapa peristiwa, siswa dapat menentukan contoh  hukum I,II dan III Newton
10
11
Usaha dan Energi
Disajikan beberapa pernyataan yang berakitan dengan energi kinetik dan atau energi potensial, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang berkaitan dengan energi kinetik atau energi potensial
11


Disajikan gambar lintasan gerak benda, siswa dapat menjelaskan perubahan energi kinetik atau energi potensial gravitasi
11
12
Suhu dan Pemuaian
Siswa dapat menghitung konfersi suhu thermometer yang belum diketahui jenisnya
13


Siswa dapat memprediksi bentuk bimetal setelah dipanaskan atau didinginkan.
13
13
Kalor dan Perpindahannya
Disajikan data, peserta dapat mengidentifikasi benda berdasarkan kalor jenisnya
14


Disajikan contoh peristiwa perpindahan kalor, siswa dapat mengklasifikasikan jenis perpindahan kalor.
14
14
Tekanan
Disajikan gambar posisi berbagai zat padat di dalam zat cair, siswa dapat menentukan urutan massa jenis zat cair atau zat padat.
15


Disajikan gambar posisi dua benda di dalam zat cair, peserta dapat menentukan salah satu besaran pada tekanan hidrostatis
15
15
Optik
Disajikan gambar pembentukan bayangan pada cermin cekung, siswa dapat menentukan sifat bayangan pada cermin jika posisi benda digeser mendekati atau menjauhi cermin
19


Disajikan pernyataan mengenahi pemanfaatan cermin atau lensa beserta alasannya, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar
19
16
Pesawat Sederhana
Disajikan sebuah gambar tuas, siswa dapat menentukan salah satu besaran pada tuas dengan mengubah posisi beban atau titik tumpu

12




17
Tata surya
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan akibat rotasi atau revolusi bumi
16


Disajikan sebuah gambar posisi matahari, bumi dan bulan, siswa dapat menentukan gerhana matahari atau gerhana bulan


18
Getaran dan gelombang
Disajikan gambar gelombang, siswa dapat menentukan frekuensi, periode, panjang gelombang atau cepat rambat gelombang.

17


Disajikan gambar bandul, siswa dapat menentukan frekuensi/perioda getaran berdasarkan parameter tertentu


19
Bunyi
Disajikan gambar atau cerita, siswa dapat menentukan jarak pemantul atau cepat rambat bunyi berdasarkan parameter tertentu

18
20
Listrik statis
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan cara memberi muatan listrik dan interaksinya

20


Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan besarnya gaya elektrostatika jika muatan dan atau jarak benda diubah.


25
ListrikDinamis
Disajikan gambar rangkaian, siswa menentukan hambatan pengganti/arus terbesar/terkecil/urutan dari yang terbesar/terkecil
21


Disajikan gambar rangkaian, siswa menentukan besarnya arus yang masuk
21
26
Magnet
Disajikan gambar magnet/pembuatan magnet, siswa menentukan posisi kompas jika didekatkan dengan magnet tersebut
22


Disajikan gambar pembuatan magnet, siswa menentukan arah garis gaya jikasebuah magnet didekatkan dengan hasil pembuatan magnet tersebut
22
27
GejalaalamBiotikdanabiotik
Di sajikan data/ peristiwa, siswa menentukan gejala alam biotik/abiotik
23


Disajikan gambar/pernyataan mengenai mikroskop, siswa menentukan urutan penggunaan atau salah satu fungsi bagian dari mikroskop
23
28
Ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
Disajikancontohperistiwa/gambar, siswadapatmenentukancirimakhlukhidup yang dimaksud
24
29
Keragamanpadasistemorganisasikehidupan
Disajikangambarsel, siswamenentukanfungsidaribagian yang ditunjuk
25


Siswamenentukanpernyataan yang tepatmengenaisel
25
28
Interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan
§  Disajikan gambar tentang jaring-jaring makanan dimana salah satu komponen pada jaring tersebut tidak ada/ punah, peserta didik dapat menjelaskan agar jaring makanan tersebut menggambarkan ekosistem seimbang
§  Disajikan gambar tentang jaring-jaring makanan, siswa dapat menentukan jumlah rantai makanan yang membentuknya
26
29
Pencemaran Lingkungan
§  Disajikan gambar/ pernyataan tentang pencemaran lingkungan, peserta didik dapat memberi contoh usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan tersebut
§  Disajikan pernyataan/ kasus tentang kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan lingkungan tersebut
27
30
Kepadatan Populasi Manusia
§  Disajikan grafik peningkatan populasi penduduk di suatu daerah, peserta didik dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap lingkungan
§  Disajikan grafik pertumbuhan populasi dan pengaruhnya terhadap lingkungan, peserta didik dapat memberi contoh upaya penganggulangannya
28
31
Prosedur Pengklasifikasian Makhluk Hidup
§  Disajikan gambar, siswa menentukan hewan yang memiliki kekerabatan terdekat, antara Arthropoda, Mollusca, Pisces, dan mamalia
§  Disajikan informasi ciri-ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan kunci determinasinya
29
32
Sistem Gerak Manusia
§  Disajkan gambar persendian/model sendi siswa dapat menentukan jenis sendi atau arah gerakannya
§  Disajikangambar otot bisep dan trisep, peserta didik dapat menentukan kerja otot tersebut
30
34
Enzim pencernaan, fungsi dan tempat dihasilkan
Disajikan gambar alat pencernaan manusia siswa dapat menyebutkan nama dan fungsi enzim yang dihasilkan bagian yang ditunjuk
31. 1


Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menyebutkan proses pencernaan secara kimiawi yang terjadi pertama kali
31
35
Sistem peredaran darah
Disajikan gambar skema sistem peredaran darah pada manusia siswa dapat menunjukkan bagian pembuluh darah yang kaya oksigen
32.1


Disajikan gambar skema sistem peredaran darah pada manusia siswa dapat menunjukkan bagian jantung yang kaya oksigen
32


Disajikan gambar skema sistem peredaran darah pada manusia siswa dapat menyebutkan urutan sistem peredaran darah besar

36
Alat pernafasan pada manusia dan fungsinya
Disajikan gambar alat pernafasan siswa dapat menyebutkan proses bagian yang ditunjuk
33.1


Disajikan gambar organ pernapasan siswa dapat menyebutkan proses yang terjadi pada bagian yang ditunjuk

37
Proses pembentukan urin
Disajikan gambar nefron siswa dapat menunujukkan proses yang terjadi dan hasilnya pada bagian yang ditunjuk
34.1


Disajikan gambar nefron siswa dapat menyebutkan nama organ dengan tepat
34


Disajikan gambar penampang melintang ginjal siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk
34
38
Organ reproduksi pada manusia dan fungsinya
Disajikan gambar organ reproduksi wanita siswa dapat menunjukkan fungsi organ yang ditunjuk
35


Disajikan gambar organ reproduksi pria siswa dapat menyebutkan fungsi organ yang ditunjuk
35
39
Jaringan Tumbuhan
Disajikan gambar ,, Siswa mampu mengidentifikasi  salah satu fungsi jaringan pada daun


Jaringan Tumbuhan
Disajikan gambar ,, Siswa mampu mengidentifikasi  salah satu fungsi jaringan pada batang

40
Kelangsungan Hidup Organisme melalui kemampuan bereproduksi
Disajikan beberapa pernyataan, siswa mampu memngelompokkan pernyataan yang menunjukkan hubungan antara kelangsungan hidup organisme dengan tingkat reproduksi adalah....


11
Pewarisan Sifat
Siswa mampu menentukan kemungkinan jumlah Fenotip F2 dari persilangan monohybrid

15
Pewarisan Sifat
Siswa mampu menentukan kemungkinan jumlah Fenotip F2 dari persilangan dihibrid

16
Bioteknologi
Disajikan data siswa mampu mengidentifikasi penerapan bioteknologi di bidang pangan, kesehatan dan pertanian

17
Bioteknologi
Siswa mampu mengidentifikasi penerapan bioteknologi di bidang pangan, kesehatan dan pertanian

21
Percobaan Fotosintesis
Disajikan gambar, Siswa mampu mengidentifikasi fungsi dari tahapan dari percobaan fotosintesis




Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM UJI MAKANAN (IPA SMP)

Lembar Kerja Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM PERUBAHAN MATERI