LEMBAR KERJA PRAKTIKUM PERUBAHAN MATERI


LEMBAR KERJA PRAKTIKUM
PERUBAHAN MATERI
SMP BAIT AL RAHMAN

TUJUAN
Membandingkan perubahan fisika dan perubahan kimia

TEORI
SIFAT MATERI
Sifat materi dibedakan menjadi 2, yaitu :
1.       Sifat fisika : sifat materi yang dapat diamati secara langsung, seperti massa, volume, rasa, bau, titik didih, titik leleh, kekerasan, wujud, kelarutan, dan kalor/panas.
2.       Sifat kimia : sifat materi yang dapat diamati jika terjadi perubahan/ pembentukan materi menjadi materi lain, seperti : mudah/ tidaknya terbakar, mudah/tidaknya berkarat.

PERUBAHAN MATERI
Perubahan materi ada 2 macam :
1.       Perubahan fisika : perubahan zat yang TIDAK menghasilkan zat baru, hanya menyangkut perubahan keadaan (bentuk, wujud)
Ciri-ciri :
-          Tidak menghasilkan zat baru
-          Umumnya dapat dikembalikan ke bentuk semula
-          Rasa sebelum dan sesudah sama (untuk zat yang dapat dirasakan)
-          Umumnya hanya mengalami kelarutan, perubahan bentuk, perubahan wujud, perubahan volume.

2.       Perubahan kimia : perubahan zat yang menghasilkan zat baru dengan sifat yang berbeda dari zat sebelumnya.
Ciri-ciri :
              -          menghasilkan zat baru
              -          tidak dapat dikembalikan ke bentuk semula
              -          Ada perubahan rasa
              -          Adanya gelembung gas
              -          terbentuknya endapan
              -          terjadi perubahan warna

PETUNJUK PRAKTIKUM
A.      PELARUTAN GARAM DALAM AIR
 Alat dan Bahan
       1.       Air                           3. Sendok
       2.       Garam                    4. Gelas
Cara Kerja
       1.       Cicipi rasa garam
       2.       Larutkan 1 sendok makan GARAM ke dalam ½  gelas AIR
       3.       Cicipi rasa larutan tersebut. Bandingkan rasa garam sebelum dilarutkan dan setelah dilarutkan.
Data Pengamatan
       1.       Rasa garam sebelum dilarutkan : __________________
       2.       Rasa garam setelah dilarutkan dalam air : __________________
Pertanyaan
       1.       Dapatkah garam yang telah dilarutkan diubah ke bentuk semula? Jika bisa, bagaimana caranya?
       2.       Adakah zat baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
       1.       __________________________________________________________________________
       2.       __________________________________________________________________________
Kesimpulan
Garam yang dilarutkan dalam air termasuk perubahan _________________
Karena ___________________________________________________________________________


 _________________________________________________________________________________________________


B.      ES MENCAIR
Alat dan bahan
1.       Es
2.       Sendok
3.       Lilin
4.       Korek
Cara Kerja
1.       Amati wujud, warna, dan rasa es
2.       Letakkan sebongkah es di atas sendok
3.       Nyalakan lilin
4.       Panaskan es di atas lilin
5.       Amati perubahan (wujud, warna, rasa) yang terjadi pada es yang telah mencair
Data pengamatan

Sebelum
Sesudah
Wujud


Warna


Rasa



Pertanyaan
1.       Apakah es yang telah mencair dapat dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa, dengan cara apa?
2.       Adakah zat baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawaban
1.       __________________________________________________________________________
2.       __________________________________________________________________________
Kesimpulan
Es yang mencair termasuk perubahan ______________________
Karena ___________________________________________________________________________




C.      MENTEGA DILELEHKAN
Alat dan Bahan
1.       Mentega
2.       Sendok
3.       Lilin
4.       Korek
Cara Kerja
1.       Perhatikan bentuk, warna, dan rasa mentega
2.       Letakkan mentega di atas sendok
3.       Nyalakan lilin
4.       Panaskan mentega di atas lilin
5.       Amati perubahan yang terjadi pada mentega (bentuk, warna, dan rasa)
Data Pengamatan

Sebelum
Sesudah
Bentuk


Warna


Rasa


Pertanyaan
1.       Apakah mentega yang telah meleleh dapat dikembalikan ke bentuk asal? Jika bisa, dengan cara apa?
2.       Adakah zat baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.       __________________________________________________________________________
2.       __________________________________________________________________________
Kesimpulan
Mentega yang meleleh termasuk perubahan ______________________
Karena ___________________________________________________________________________





D.      CUKA + SODA KUE
Alat dan Bahan
1.       Cuka                       2. Soda kue                           3. Botol                                  4. balon
Cara Kerja
1.       masukkan 1 sendok makan SODA KUE ke dalam balon
2.       masukkan  50 mL CUKA ke dalam botol
3.       tempelkan balon ke mulut botol
4.       angkat balon hingga soda kue jatuh ke dalam botol
5.       amati yang terjadi
Data Pengamatan
Peristiwa yang terjadi : ______________________________________________________________
Pertanyaan
1.       Bisakah cuka dan soda kue dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa, dengan cara apa?
2.       Adakah zat baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.       __________________________________________________________________________
2.       __________________________________________________________________________
Kesimpulan
Reaksi antara cuka dan soda kue mengalami perubahan ________________
Karena ___________________________________________________________________________


E.       PEMBAKARAN KEMBANG API
Alat dan Bahan
1.       Kembang api
2.       Korek
Cara Kerja
1.       amati bentuk dan warna kembang api yang belum dibakar
2.       bakar kembang api
3.       amati perubahan (bentuk dan warna) yang terjadi
Data Pengamatan

Sebelum
Sesudah
Bentuk


Warna



Pertanyaan
1.       Apakah kembang api yang telah dibakar dapat dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa, dengan cara apa?
2.       Adakah zat baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.       __________________________________________________________________________
2.       __________________________________________________________________________
Kesimpulan
Kembang api yang dibakar termasuk perubahan ___________________
Karena ___________________________________________________________________________


F.       PEMBUATAN GULALI
Alat dan Bahan
1.       Gula
2.       Sendok
3.       pengaduk
3.       lilin
4.       korek
Cara Kerja
1.       Amati bentuk dan warna gula yang belum dipanaskan
2.       Letakkan gula di atas sendok
3.       Panaskan gula di atas lilin
4.       Jika sudah meleleh secara merata, cetak lelehan gula di atas tutup kaleng
4.       Amati perubahan (rasa, bentuk dan warna) yang terjadi pada gula
Data Pengamatan

Sebelum
Sesudah
Rasa


Bentuk


Warna



Pertanyaan
1.       Apakah gula yang telah dibakar dapat dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa, dengan cara apa?
2.       Adakah zat baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.       __________________________________________________________________________
2.       __________________________________________________________________________
Kesimpulan
Kembang api yang dibakar termasuk perubahan ___________________
Karena ___________________________________________________________________________

contoh praktikum perubahan kimia

contoh lain










Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM UJI MAKANAN (IPA SMP)

Lembar Kerja Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel