Lembar Kerja Praktikum satuan Baku dan Tidak Baku (Kurikulum 2013 Revisi)
LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK (LKPD)
PRAKTIKUM IPA
Nama
Anggota Kelompok : Kelas
: __________
1. ______________________
2. ______________________
3. ______________________
4. ______________________
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup
lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar
(baku) dalam pengukuran.
|
3.1.1
Membandingkan satuan baku dan
tidak baku
3.1.2
Menyebutkan contoh satuan baku
3.1.3
Menyebutkan contoh satuan tidak
baku
3.1.4
Memahami perlunya satuan baku
dalam kehidupan
|
4.1
Menyajikan data hasil pengukuran
dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
4.1.1
Melakukan pengukuran dengan alat
ukur yang ditentukan secara tepat
4.1.2
Membaca hasil pengukuran dengan teliti
4.1.3
Menyajikan data hasil pengukuran
di depan kelas dengan percaya diri
|
JUDUL : PENGUKURAN SATUAN BAKU DAN SATUAN TIDAK BAKU
TUJUAN
:
1.
Mampu membedakan satuan baku dan satuan
tidak baku
2.
Mampu menyebutkan contoh satuan baku
3.
Mampu menyebutkan contoh satuan tidak
baku
4.
Mampu memahami pentingnya satuan baku
5.
Mampu menggunakan alat ukur secara tepat
6.
Mampu membaca hasil pengukuran secara
teliti
7.
Mampu menyajikan data hasil pengukuran
di depan kelas dengan percaya diri
TEORI :
Satuan baku adalah satuan yang apabila
digunakan oleh siapapun/ siapa saja, akan menghasilkan hasil pengukuran yang
sama. Contoh : meter, kg, ml.
Satuan Tidak Baku adalah satuan yang apabila digunakan
oleh orang-orang yang berbeda, bisa menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda.
Contoh : depa, langkah.
ALAT
DAN BAHAN :
1.
Meteran
2.
Tali
3.
Gelas
ukur
4.
Sendok
plastik
5.
Larutan
sirup
LANGKAH KERJA :

1.
Ukurlah
panjang tali yang tersedia dengan jengkal tanganmu! Catat hasilnya pada data
pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)
2.
Ukur
lagi panjang tali yang tersedia dengan menggunakan meteran! Catat hasilnya pada
data pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)

1.
Ukurlah
volume larutan yang tersedia dengan sendok! Catat hasilnya pada data pengamatan.
(diwakili oleh 2 orang anggota)
2.
Ukur
lagi volume larutan yang tersedia dengan gelas ukur! Catat hasilnya pada data
pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)
DATA PENGAMATAN

NAMA
|
HASIL
PENGUKURAN
DENGAN
JENGKAL TANGAN
|
HASIL
PENGUKURAN DENGAN METERAN
|
….
|
________ jengkal
|
______ cm
|
….
|
________ jengkal
|
______ cm
|

NAMA
|
HASIL
PENGUKURAN
DENGAN
SENDOK
|
HASIL
PENGUKURAN DENGAN GELAS UKUR
|
…
|
__________ sendok
|
__________ ml
|
…
|
__________ sendok
|
__________ ml
|
KESIMPULAN
1. Satuan
yang apabila digunakan oleh siapa pun akan menghasilkan hasil pengukuran yang
sama adalah jenis satuan ________________
2. Satuan
apabila digunakan oleh orang yang berbeda dapat menghasilkan hasil pengukuran
yang berbeda adalah jenis satuan ________________
3.
Jengkal
termasuk jenis satuan _______________, karena hasil pengukuran dengan jengkal
tiap orang tidak selalu sama.
4.
Centimeter
termasuk jenis satuan _______________, karena hasil pengukuran tiap orang
dengan satuan cm selalu sama.
5.
Sendok
termasuk jenis satuan ____________, karena hasil pengukuran dengan sendok untuk
tiap orang ____________
6. Millimeter termasuk jenis satuan
___________, karena hasil pengukuran dengan millimeter untuk tiap orang _____________
Komentar
Posting Komentar