Lembar Kerja Praktikum satuan Baku dan Tidak Baku (Kurikulum 2013 Revisi)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
PRAKTIKUM IPA

Nama Anggota Kelompok :                                                   Kelas : __________
1.      ______________________
2.      ______________________
3.      ______________________
4.      ______________________

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1  Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
3.1.1        Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.2        Menyebutkan contoh satuan baku
3.1.3        Menyebutkan contoh satuan tidak baku
3.1.4        Memahami perlunya satuan baku dalam kehidupan
4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.1.1        Melakukan pengukuran dengan alat ukur yang ditentukan secara tepat
4.1.2        Membaca hasil pengukuran dengan teliti
4.1.3        Menyajikan data hasil pengukuran di depan kelas dengan percaya diri

JUDUL : PENGUKURAN SATUAN BAKU DAN SATUAN TIDAK BAKU 

TUJUAN :
1.      Mampu membedakan satuan baku dan satuan tidak baku
2.      Mampu menyebutkan contoh satuan baku
3.      Mampu menyebutkan contoh satuan tidak baku
4.      Mampu memahami pentingnya satuan baku
5.      Mampu menggunakan alat ukur secara tepat
6.      Mampu membaca hasil pengukuran secara teliti
7.      Mampu menyajikan data hasil pengukuran di depan kelas dengan percaya diri



TEORI            :
Satuan baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh siapapun/ siapa saja, akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Contoh : meter, kg, ml.
Satuan Tidak Baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh orang-orang yang berbeda, bisa menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda. Contoh : depa, langkah.

ALAT DAN BAHAN  :


1.      Meteran
2.      Tali
3.      Gelas ukur
4.      Sendok plastik
5.      Larutan sirup




LANGKAH KERJA  :          
*      Mengukur Panjang Tali
1.      Ukurlah panjang tali yang tersedia dengan jengkal tanganmu! Catat hasilnya pada data pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)
2.      Ukur lagi panjang tali yang tersedia dengan menggunakan meteran! Catat hasilnya pada data pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)

*      Mengukur Volume Larutan
1.      Ukurlah volume larutan yang tersedia dengan sendok! Catat hasilnya pada data pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)
2.      Ukur lagi volume larutan yang tersedia dengan gelas ukur! Catat hasilnya pada data pengamatan. (diwakili oleh 2 orang anggota)

DATA PENGAMATAN
*      Mengukur Panjang Tali
NAMA
HASIL PENGUKURAN
DENGAN JENGKAL TANGAN
HASIL PENGUKURAN DENGAN METERAN
….
________ jengkal
______ cm
….
________ jengkal
______ cm



*      Mengukur Volume Larutan
NAMA
HASIL PENGUKURAN
DENGAN SENDOK
HASIL PENGUKURAN DENGAN GELAS UKUR
__________ sendok
__________ ml
__________ sendok
__________ ml


KESIMPULAN
1.      Satuan yang apabila digunakan oleh siapa pun akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama adalah jenis satuan ________________
2.      Satuan apabila digunakan oleh orang yang berbeda dapat menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda adalah jenis satuan ________________
3.      Jengkal termasuk jenis satuan _______________, karena hasil pengukuran dengan jengkal tiap orang tidak selalu sama.
4.      Centimeter termasuk jenis satuan _______________, karena hasil pengukuran tiap orang dengan satuan cm selalu sama.
5.      Sendok termasuk jenis satuan ____________, karena hasil pengukuran dengan sendok untuk tiap orang ____________

6.      Millimeter termasuk jenis satuan ___________, karena hasil pengukuran dengan millimeter untuk tiap orang ­­­­­_____________

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM UJI MAKANAN (IPA SMP)

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ASAM BASA IPA SMP

Lembar Kerja Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel