WAJIB BACA!!!! PENTING! KISI-KISI UNBK IPA SMP TAHUN 2018
BEDAH KISI KISI UJIAN
NASIONAL TAHUN 2018
Mata
Pelajaran : IPA
AlokasiWaktu : 120 Menit
JumlahSoal : 40butir
BentukSoal :PilihanGanda
TahunAjaran : 2017/2018
No.
|
Lingkup Materi
|
IndikatorSoal
|
No.
Soal
|
1
|
Pengukuran
|
Disajikan gambar penggaris,
peserta didik dapat mengukur lebar kertas.
|
1
|
|
|
Disajikan gambar neraca peserta didik dapat menghitung massa.
|
1
|
|
|
Disajikan
gambar neraca peserta didik dapat menghitung massa benda..
|
1
|
|
|
Disajikan gamb neraca,
peserta didik dapat menentukan nilai besaran
yang harus ditambahkan
agar seimbang
|
1
|
2
|
Besaran dan
satuan
|
Disajikan
tabel besaran, satuan dan alat ukur, peserta didik dapat memasangkan besaran
pokok dan satuannya
|
2
|
3
|
Konsep zat dan
perubahannya
|
Disajikan
gambar neraca elektrik dan balok logam peserta didik dapat menentukan jenis
zat.
|
3
|
|
|
Disajikan
gambar neraca elektrik, gelas ukur dan potongan logam peserta didik dapat
menentukan jenis zat.
|
3
|
|
|
Disajikan
gambar unsur, senyawa dan campuran peserta didik dapat menunjukan gambar
unsur.
|
3
|
|
|
Disajikan
gambar unsur, senyawa dan campuran peserta didik dapat menunjukan gambar
senyawa.
|
3
|
|
|
Disajikan
gambar unsur, senyawa dan campuran peserta didik dapat menunjukan gambar
campuran.
|
3
|
4
|
Zat dan
perubahanya
|
Disajikan pernyataan tentang perubahan zat.
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan perubahan fisika
|
4
|
|
|
Disajikan pernyataan tentang perubahan zat.
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan perubahan fisika
|
4
|
|
|
Disajikan
data peristiwa sehari-hari. Peserta didik dapat menentukan peristiwa
yang menunjukkan sifat fisika .
|
4
|
|
|
Disajikan data
tentang perubahan fisika dan kimia peserta didik dapat menyebutkan perubahan kimia.
|
4
|
|
|
Disajikan data tentang sifat kimia dan sifat fisika peserta didik dapat
menyebutkan sisfat – sifat kimia.
|
4
|
5
|
Zat aditif, zat
adiktif, dan psikotropika
|
Disajikan data
tentang ciri – ciri psikis seseorang peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri
psikis pecandu narkoba.
|
5
|
|
|
Disajikan data
tentang ciri – ciri psikis seseorang peserta didik dapat menyebutkan ciri –
ciri psikis efek dari kafein.
|
5
|
|
|
Disajikan data
tentang zat aditif pada makanan peserta didik dapat menyebutkan pewarna
alami.
|
5
|
|
|
Disajikan data
tentang bahan komposisi pada bungkus makanan peserta didik dapat menyebutkan
bahan pewarna dan pengawet kimia.
|
5
|
|
|
Disajikan data
tentang bahan komposisi pada bungkus makanan peserta didik dapat menyebutkan
bahan penyedap.
|
5
|
6
|
Partikel Zat
|
Disajikan
peryataan sifat parikel zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari,
Siswa dapat menentukan pasangan sifat zat dan penerapannya yang paling benar
|
6
|
|
|
Disajikan rumus
kimia suatu zat, siswa dapat menentukan jumlah dan jenis atom dalam rumus
kimia tersebut
|
6
|
|
|
Siswa dapat
menentukan rumus kimia pada salah satu
hasil proses perubahan kimia
|
6
|
|
|
Disajikan
beberapa unsur dan lambangnya, siswa dapat menentukan pasangan unsur dan
lambangnya dengan benar
|
6
|
|
|
Disajikan
beberapa lambang kimia , siswa dapat menentukan yang merupakan molekul
senyawa
|
6
|
7
|
Asam Basa dan
Garam
|
Disajikan
beberapa peryataan sifat zat, siswa dapat menentukan sifat zat tertentu
|
7
|
|
|
Disajikan tabel
hasil pengujian larutan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan
yang bersifat asam
|
7
|
|
|
Disajikan tabel
hasil pengujian larutan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan
yang bersifat basa
|
7
|
|
|
Disajikan data
percobaan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat
basa
|
7
|
|
|
Disajikan data
percobaan dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat
basa dan asam
|
7
|
8
|
Campuran dan
Larutan
|
Disajikan tabel
zat dan sifatnya, siswa dapat menentukan zat tersebut merupakan senyawa atau
campuran disertai alasannya
|
8
|
|
|
Siswa dapat
menentukan pengertian senyawa
|
8
|
|
|
Siswa dapat
menentukan zat yang tergolong unsur dalam kehidupan sehari hari
|
8
|
|
|
Siswa dapat
menentukan molekul unsur
|
8
|
|
|
Disajikan
beberapa rumus kimia,siswa dapat menentukan yang merupakan molekul unsur dan
molekul senyawa
|
8
|
9
|
Gerak Lurus
|
Disajikan
gambar hasil ketikan ticker timer, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus
yang terjadi
|
9
|
|
|
Disajikan
gambar hasil ketikan ticker timer, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus
yang terjadi dan contoh yang sesuai
|
9
|
|
|
Disajikan
gambar gerak pada lintasan tertentu, siswa dapar menentukan jenis gerak lurus
|
9
|
|
|
Disajikan
beberapa contoh gerak, siswa dapat menentukan jenis gerak lurus yang sesuai
|
9
|
|
|
Disajikan
grafik dan peryataan gerak lurus, siwa dapat menentukan jenis gerak lurus
yang sesuai
|
9
|
10
|
Hukum Newton
|
Disajikan
beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan yang
merupakan contoh hukum I Newton
|
10
|
|
|
Disajikan
beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan yang
merupakan contoh hukum I dan III Newton
|
10
|
|
|
Disajikan
beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan yang
merupakan contoh hukum I,II,III Newton
|
10
|
|
|
Disajikan
beberapa gambar gaya dan massa benda, siswa dapat menentukan percepatan
terbesar
|
10
|
|
|
Disajikan
beberapa peristiwa, siswa dapat menentukan contoh hukum I,II dan III Newton
|
10
|
11
|
Usaha dan Energi
|
Disajikan beberapa pernyataan yang berakitan dengan energi kinetik dan atau energi
potensial, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang berkaitan dengan
energi kinetik atau energi potensial
|
11
|
|
|
Disajikan gambar lintasan gerak benda,
siswa dapat menjelaskan perubahan energi kinetik atau energi potensial
gravitasi
|
11
|
12
|
Suhu dan Pemuaian
|
Siswa dapat menghitung konfersi suhu
thermometer yang belum diketahui jenisnya
|
13
|
|
|
Siswa dapat memprediksi bentuk bimetal
setelah dipanaskan atau didinginkan.
|
13
|
13
|
Kalor dan Perpindahannya
|
Disajikan data, peserta dapat
mengidentifikasi benda berdasarkan kalor jenisnya
|
14
|
|
|
Disajikan contoh peristiwa perpindahan
kalor, siswa dapat mengklasifikasikan jenis perpindahan kalor.
|
14
|
14
|
Tekanan
|
Disajikan gambar posisi berbagai zat padat
di dalam zat cair, siswa dapat menentukan urutan massa jenis zat cair atau zat
padat.
|
15
|
|
|
Disajikan gambar posisi dua benda di dalam
zat cair, peserta dapat menentukan salah satu besaran pada tekanan
hidrostatis
|
15
|
15
|
Optik
|
Disajikan gambar pembentukan bayangan pada
cermin cekung, siswa dapat menentukan sifat bayangan pada cermin jika posisi
benda digeser mendekati atau menjauhi cermin
|
19
|
|
|
Disajikan pernyataan mengenahi pemanfaatan
cermin atau lensa beserta alasannya, siswa dapat menentukan pernyataan yang
benar
|
19
|
16
|
Pesawat Sederhana
|
Disajikan sebuah gambar tuas, siswa dapat
menentukan salah satu besaran pada tuas dengan mengubah posisi beban atau
titik tumpu
|
12
|
|
|
|
|
17
|
Tata surya
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan akibat
rotasi atau revolusi bumi
|
16
|
|
|
Disajikan sebuah gambar posisi matahari,
bumi dan bulan, siswa dapat menentukan gerhana matahari atau gerhana bulan
|
|
18
|
Getaran dan gelombang
|
Disajikan gambar gelombang, siswa dapat menentukan frekuensi,
periode, panjang gelombang atau cepat rambat gelombang.
|
17
|
|
|
Disajikan gambar bandul, siswa dapat menentukan frekuensi/perioda getaran
berdasarkan parameter tertentu
|
|
19
|
Bunyi
|
Disajikan gambar atau cerita, siswa dapat
menentukan jarak pemantul atau cepat rambat bunyi berdasarkan parameter
tertentu
|
18
|
20
|
Listrik statis
|
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan cara memberi muatan listrik dan interaksinya
|
20
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat
menentukan besarnya gaya elektrostatika jika muatan dan atau jarak benda
diubah.
|
|
25
|
ListrikDinamis
|
Disajikan gambar rangkaian,
siswa menentukan hambatan pengganti/arus terbesar/terkecil/urutan dari
yang terbesar/terkecil
|
21
|
|
|
Disajikan gambar rangkaian,
siswa menentukan besarnya arus
yang masuk
|
21
|
26
|
Magnet
|
Disajikan gambar
magnet/pembuatan magnet, siswa menentukan posisi kompas jika didekatkan dengan
magnet tersebut
|
22
|
|
|
Disajikan gambar pembuatan
magnet, siswa menentukan arah garis gaya jikasebuah
magnet didekatkan dengan hasil pembuatan
magnet tersebut
|
22
|
27
|
GejalaalamBiotikdanabiotik
|
Di sajikan data/ peristiwa,
siswa menentukan gejala alam biotik/abiotik
|
23
|
|
|
Disajikan gambar/pernyataan mengenai mikroskop,
siswa menentukan urutan penggunaan atau salah satu fungsi bagian dari mikroskop
|
23
|
28
|
Ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
|
Disajikancontohperistiwa/gambar, siswadapatmenentukancirimakhlukhidup
yang dimaksud
|
24
|
29
|
Keragamanpadasistemorganisasikehidupan
|
Disajikangambarsel,
siswamenentukanfungsidaribagian yang ditunjuk
|
25
|
|
|
Siswamenentukanpernyataan yang
tepatmengenaisel
|
25
|
28
|
Interaksi
antara makhluk hidup dengan lingkungan
|
§
Disajikan
gambar tentang jaring-jaring makanan dimana salah satu komponen pada jaring
tersebut tidak ada/ punah, peserta didik dapat menjelaskan agar jaring
makanan tersebut menggambarkan ekosistem seimbang
§
Disajikan
gambar tentang jaring-jaring makanan, siswa dapat menentukan jumlah rantai
makanan yang membentuknya
|
26
|
29
|
Pencemaran
Lingkungan
|
§
Disajikan
gambar/ pernyataan tentang pencemaran lingkungan, peserta didik dapat memberi
contoh usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan
tersebut
§
Disajikan
pernyataan/ kasus tentang kerusakan lingkungan, peserta didik dapat
menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan lingkungan tersebut
|
27
|
30
|
Kepadatan
Populasi Manusia
|
§
Disajikan
grafik peningkatan populasi penduduk di suatu daerah, peserta didik dapat
menjelaskan pengaruhnya terhadap lingkungan
§
Disajikan
grafik pertumbuhan populasi dan pengaruhnya terhadap lingkungan, peserta
didik dapat memberi contoh upaya penganggulangannya
|
28
|
31
|
Prosedur
Pengklasifikasian Makhluk Hidup
|
§
Disajikan
gambar, siswa menentukan hewan yang memiliki kekerabatan terdekat, antara
Arthropoda, Mollusca, Pisces, dan mamalia
§
Disajikan
informasi ciri-ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan kunci
determinasinya
|
29
|
32
|
Sistem Gerak
Manusia
|
§
Disajkan
gambar persendian/model sendi siswa dapat menentukan jenis sendi atau arah
gerakannya
§
Disajikangambar
otot bisep dan trisep, peserta didik dapat menentukan kerja otot tersebut
|
30
|
34
|
Enzim
pencernaan, fungsi dan tempat dihasilkan
|
Disajikan
gambar alat pencernaan manusia siswa dapat menyebutkan nama dan fungsi enzim
yang dihasilkan bagian yang ditunjuk
|
31. 1
|
|
|
Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menyebutkan proses pencernaan secara kimiawi yang
terjadi pertama kali
|
31
|
35
|
Sistem
peredaran darah
|
Disajikan
gambar skema sistem peredaran darah pada manusia siswa dapat menunjukkan
bagian pembuluh darah yang kaya oksigen
|
32.1
|
|
|
Disajikan
gambar skema sistem peredaran darah pada manusia siswa dapat menunjukkan
bagian jantung yang kaya oksigen
|
32
|
|
|
Disajikan
gambar skema sistem peredaran darah pada manusia siswa dapat menyebutkan
urutan sistem peredaran darah besar
|
|
36
|
Alat pernafasan
pada manusia dan fungsinya
|
Disajikan
gambar alat pernafasan siswa dapat menyebutkan proses bagian yang ditunjuk
|
33.1
|
|
|
Disajikan
gambar organ pernapasan siswa dapat menyebutkan proses yang terjadi pada
bagian yang ditunjuk
|
|
37
|
Proses pembentukan
urin
|
Disajikan
gambar nefron siswa dapat menunujukkan proses yang terjadi dan hasilnya pada
bagian yang ditunjuk
|
34.1
|
|
|
Disajikan
gambar nefron siswa dapat menyebutkan nama organ dengan tepat
|
34
|
|
|
Disajikan
gambar penampang melintang ginjal siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang
ditunjuk
|
34
|
38
|
Organ
reproduksi pada manusia dan fungsinya
|
Disajikan
gambar organ reproduksi wanita siswa dapat menunjukkan fungsi organ yang
ditunjuk
|
35
|
|
|
Disajikan
gambar organ reproduksi pria siswa dapat menyebutkan fungsi organ yang
ditunjuk
|
35
|
39
|
Jaringan Tumbuhan
|
Disajikan gambar ,, Siswa mampu
mengidentifikasi salah satu fungsi
jaringan pada daun
|
|
|
Jaringan Tumbuhan
|
Disajikan gambar ,, Siswa mampu
mengidentifikasi salah satu fungsi
jaringan pada batang
|
|
40
|
Kelangsungan Hidup Organisme melalui
kemampuan bereproduksi
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa mampu memngelompokkan pernyataan yang menunjukkan
hubungan antara kelangsungan hidup organisme dengan tingkat reproduksi
adalah....
|
|
11
|
Pewarisan Sifat
|
Siswa mampu menentukan kemungkinan jumlah
Fenotip F2 dari persilangan monohybrid
|
|
15
|
Pewarisan Sifat
|
Siswa mampu menentukan kemungkinan jumlah
Fenotip F2 dari persilangan dihibrid
|
|
16
|
Bioteknologi
|
Disajikan data siswa mampu mengidentifikasi
penerapan bioteknologi di bidang pangan, kesehatan dan pertanian
|
|
17
|
Bioteknologi
|
Siswa mampu mengidentifikasi penerapan
bioteknologi di bidang pangan, kesehatan dan pertanian
|
|
21
|
Percobaan Fotosintesis
|
Disajikan gambar, Siswa mampu
mengidentifikasi fungsi dari tahapan dari percobaan fotosintesis
|
|
Komentar
Posting Komentar