SOAL UAS IPA KELAS VII SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2013

SOAL UAS IPA KELAS VII SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2013

.        Maksud dari mengomunikasikan dalam penyelidikan ilmiah IPA adalah ....
A.  menyampaikan hasil penyelidikan secara tulisan saja. Hal yang disampaikan adalah data, tabel dan gambar yang relevan.
B.   menyampaikan penjelasan yang digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan antar aspek yang diamati, serta membuat prediksi.
C.   menyampaikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan.  Data dapat disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.
D.  menyampaikan penjelasan atau hubungan-hubungan antar aspek yang diamatibeserta data-data dan tulisan penunjanglainnya.

2.        Perhatikan gambar!





Langkah penyedikan ilmiah yang dilakukan Anto bertujuan untuk ....
A.     mengumpulkan data daninformasi, dengan panca indra dan alat yang sesuai.
B.     Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola-pola
C.     Merumuskan hubungan-hubungan, dari hasil pengamatan serta membuat prediksi.
D.     memperoleh data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar.

3.        Saat diukur tinggi tanaman jeruk  40 cm. Setelah 10 hari, tingginya menjadi 80 cm,laju pertumbuhan jeruk tersebut adalah ....
A.  4 cm/hari
B.  8 cm/hari
C.  40 cm/hari
D.  80 cm/hari

4.        Seorang koki melarutkan 5 gram gula ke dalam 500 mL air panas, berapakah konsentrasi larutan gula yang terjadi?
A.  25 gram/Liter
B.   20 gram/Liter
C.   15 gram/Liter
D.  10 gram/Liter

5.        Perhatikan grafik berikut !
Grafik yang sesuai antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang dihasilkan adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

6.      Hasil pengamatan sebuah bata merah oleh seorang peserta didik:
1.   Warna merah muda
2.   Panjang 25 cm
3.   Tebal 10 cm
4.   Luas permukaan 125 cm2
5.   Buatan jawa tengah
6.   Dapat bertahan 5 tahun
Data yang merupakan hasil pengamatan murni (bukan taksiran)adalah ….
A.  1, 2, dan 3
B.   2, 3, dan 5
C.   2, 4, dan 6
D.  4, 5, dan 6

7.      Perhatikan data berikut!
1. meter                            
2. kelvin               
3. massa
4.                           suhu
5. waktu
6. sekon
Berdasarkan data tersebut, yang merupakan satuan adalah ….
A. 1,2,4                                                    
B. 2,4,5
C. 1,2,6                                                     
D. 3,4,5

8.      Pengertian mengukur suatu benda menurut fisika adalah ….
A.     Membandingkan antara satuan benda dengan benda yang sejenis
B.     Membandingkan sebuah besaran dengan satuannya
C.     Menghitung besaran suatu benda dengan alat ukur yang sesuai
D.     menentukan satuan suatu benda dari hasil pengukuran

9.      Dari besaran-besaran berikut, yang merupakan besaran turunan adalah ….
A.     meter, kilogram, sekon
B.     panjang, massa, waktu
C.     volume, luas, kecepatan
D.     massa, volume, waktu

10. Alat ukur yang tepat, untuk mengukur volume benda yang tidak teratur bentuknya ditunjukkan oleh gambar ....
A.                                                                                     C.
B.                                                                          D.
11.    Perhatikan gambar berikut !

                

Berdasarkan gambar tersebut, pernyataan yang benar tentang gejala kehidupan, adalah  . . . .
A.  Ayam dan robot sama sama bergerak karena itu memerlukan energi
B.  Robot berkembang biak karena itu dapat diproduksi banyak
C.  Ayam mengeluarkan zat sisa, tumbuh dan berkembang biak
D.  Ayam dan robot sama sama bergerak dan peka terhadap rangsang

12.    Tumbuhan putri malu akan mengatup bila disentuh merupakan salah satu cirri makhluk hidup, yaitu ….
A.     Memiliki kemampuan bergerak
B.     Melakukan adaptasi tingkah laku
C.     Memiliki kepekaan terhadap rangsang
D.     Kemampuan bernapas di dalam air


13.  Campuran zat yang serbasama (homogen) disebut ....
A.  suspensi
B.   senyawa
C.   larutan
D.  koloid

14.  Perhatikan gambar berikut!

Molekul senyawa ditunjukkan gambar nomor ….
A.  1 dan 2
B.   1 dan 3
C.   2 dan 3
D.  1, 2, dan 3

15.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.   terdiri atas 5 molekul dan 2 jenis unsur
2.   setiap molekul terdiri atas 10 atom hidrogen
3.   molekul tersebut merupakan molekul senyawa
4.   terdapat 5 atom oksigen dalam setiap molekul
5.   merupakan campuran homogen

Pernyataan yang benar mengenai rumus molekul 5H2O adalah ….
A.  1 dan 3 saja
B.   2 dan 4 saja
C.   1, 3, dan 5
D.  2, 4, dan 5

16.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Mengamati karakteristik sifat-sifat berbagai benda.
2.    Klasifikasi benda yang memiliki persamaan sifat.
3.    Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing–masing.
4.    Beri nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.

Langkah-langkah yang benar untuk mengklasifikasi sekelompok benda adalah ....
A.   1-2-3-4
B.   1-3-2-4
C.   1-2-4-3
D.  1-3-4-2

17.    Perhatikan gambar berikut!
Kelompok insekta ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 - 2 - 3
B. 1 - 3 - 5
C.2 - 4 – 6
D. 1 - 4 - 5



18.    Perhatikan gambar berikut!

                  
Pengelompokan Kedua hewan tersebut didasarkan pada…
A.  alat gerak
B.   cara berkembang biak
C.   jenis makanan
D.  tempat hidup

19.    Perhatikan kunci determinasi berikut!

1. a. Tidak bertulang belakang .......................................................................     lanjutkan ke nomor 2
b. Mempunyai tulang belakang ..................................................................     lanjutkan ke nomor 3
2   a. Tubuh lunak, tidak bercangkang ............................................................     (a)
b. Tubuh tidak lunak, kaki berbuku-buku ..................................................    lanjutkan ke nomor 4
3. a. Bertelur, bergerak dengan sirip ..............................................................     (f)
b. Bertelur, bergerak bukan dengan sirip ................................................... lanjutkan ke nomor 5
4. a. Bersayap, bernafas dengan trakhea ........................................................ lanjutkan ke nomor 6
b. Tidak bersayap, bernafas dengan insang ...............................................     (d)
5. a. Menyusui anaknya memamah biak ........................................................     (i)
b. Tidak menyusui anaknya, tidak memamah biak ....................................     lanjutkan ke nomor   7
6.  a. Bersayap sisik .......................................................................................      (c)
b. Bersayap lurus .....................................................................................       (g)
7. a. Mengalami metamorfosis ......................................................................      (e)
b. Tidak mengalami metamorforsis ...........................................................      lanjutkan ke nomor 8
8. a. Mengerami telurnya, berdarah panas ....................................................      (h)
b. Tidak mengerami telurnya, berdarah panas ........................................        (b)

Kunci dikotom yang sesuai untuk burung adalah  ....
A. 1b,3b,5b,7b,8a
B. 1b,3b,5b,7a
C. 1a,2b,4a,6a
D. 1a,2b,4a,6b

20.     Perhatikan gambarbeberapahewanberikut!
Hewan-hewan tersebut termasuk dalam kelas....
A. pisces
B. aves
C. reptil
D. mamalia

21.    Perhatikan gambar berikut!
Fungsi bagian X dan bagian Y adalah ....
A.     untuk menjauhkan lensa objektif terhadap preparat secara lambat dan untuk mengumpulkan cahaya.
B.     untuk mendekatkan lensa objektif terhadap preparat sedikit sedikit dan mengarahkan cahaya pada objek.
C.     untuk menggerakkan tubus secara cepat, dan mengarahkan cahaya pada objek.
D.     untuk menaikkan tubus ke atas secara cepat, dan untuk memantulkan cahaya ke luar

22.    Hasil pengamatan siswa dengan menggunakan mikroskop pada setetes air kolam, nampak seperti gambar berikut.




Makhluk hidup di atas di masukkan kedalam kelompok ....
A.  monera.
B.   protista.
C.   bakteri.
D.  algae.

23.    Perhatikan gambar berikut!










Jamur yang biasa digunakan untuk membuat obat penicilin, dan pembuatan tape ditunjukkan oleh nomor....
A.  2 dan 3
B.   4 dan 6
C.   1 dan 5
D.  3 dan 4

24.    Berikut ini merupakan ciri ciri tumbuhan kormofita:
1. Memiliki akar, batang dan daun sejati
2. Belum memiliki berkas pengangkut
3. Memiliki rhizoid berfungsi seperti akar
4. Berkembang biak dengan bunga/biji
5. Belum jelas dibedakan akar batang dan daun
6. Mengalami tahapan gametofit dan sporofit
7. Memiliki silem dan floem sebagai alat pengangkutan
Ciri yang menunjukkan tanaman kormofita berspora adalah ....
A. 2, 3, 5 
B.  3, 5, 6 
C.  4, 5, 7 
D.  6, 4, 7 

25.  Perhatikan gambar berikut!

Ciri-ciri tumbuhan dikotil ditunjukkan oleh ....
A.  1,2,3,4
B.   5,6,7,8
C.   1,3,6,8
D.  2,4,5,7


26.    Perhatikan gambar berikut!








Kelompok hewan avertebrata ditunjukkan oleh nomor ....
A.  1,2,3,4,5
B.   6,7,8,9,10
C.   1,4,7,8,10
D.  2,3, 5, 6, 9

27.  Perhatikan gambar berikut!









Urutan organisasi kehidupan dari nomor 1 sampai dengan no.6 yang benar adalah ....
A.     sel-molekul-jaringan-organ-sistem organ-organisme
B.     molekul-sel-jaringan-organ-sistem organ-organisme
C.     molekul-jaringan-sel-organ-sistem organ-organisme
D.     organisme-sistem organ-organ-jaringan-sel-molekul

28.  Perhatikan gambar jaringan berikut!






Fungsi jaringan tersebut adalah….
A.  menghantarkan impuls
B.   mengangkut oksigen
C.   melindungi jaringan lainnya
D.  mengangkut sari-sari makanan

29.  Perhatikan gambar berikut!









Nama organ yang sesuai dengan urutan nomor  adalah ….
A.     lambung-hati-usus buntu-empedu-mulut
B.     lambung-usus buntu-hati-empedu-mulut
C.     hati-empedu-usus buntu-lambung-mulut
D.     hati-lambung-usus buntu-empedu-mulut

30.  Perubahan zat berikut yang termasuk perubahan fisika adalah ….
A.     mendidih, menguap, mengembun
B.     menyublim, fermentasi, membeku
C.     mengembun, menyublim, oksidasi
D.     membusuk, meleleh, menguap

31.  Elektrolisis air adalah proses perubahan ….
A.     air menjadi oksigen dan hydrogen dengan arus listrik
B.     oksigen dan hidrogen menjadi air dengan arus listrik
C.     unsure dan molekul menjadi senyawa dengan arus listrik
D.     senyawa menjadi unsur-unsurnya dengan arus listrik
                                      
32.  Perhatikangambarberikut!
Gambar 1 dan 2 secara berturut-turut menunjukkan perubahan….

A.     Fisika dan kimia
B.     Fisika dan fisika
C.     Kimia dan fisika
D.     Kimia dan kimia

33.  Perhatikan tabel berikut!
Perbedaan yang benar adalah….
No
Perubahan Fiska
Perubahan Kimia
A
Timbul zat baru
Tidak timbul zatbaru
B
Perubahan wujud zat
Perubahan susunan molekul
C
Menyerap energy
Melepaskan energi
D
Timbul endapan
Tidak timbul endapan

34.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.      terbentuknya gas
2.      terjadinya perubahan warna
3.      terjadinya perubahan wujud
4.      terbentuknya endapan
Peristiwa yang termasuk cirri perubahan kimia antara lain ditunjukkan nomor ….
A.     1 dan 2 saja
B.     2 dan 3 saja
C.     1, 2, dan 4
D.     2, 3, dan 4

35.  Manakah pemisahan zat yang dilakukan berdasarkan ukuran partikel?
A.  Garam dari air laut
B.   Santan dari ampasnya
C.   Alkohol dari pelarutnya
D.  Yodium dari kotorannya

36.  Pemisahan minyak bumi mentah menjadi bensin berdasarkan ….
A.  titik didihnya
B.   ukuran partikelnya
C.   massa jenisnya
D.  kandungan bahan kimianya

37.  Jenispemisahancampuran:
1.   Distilasi
2.   Sublimasi
3.   Penyaringan
4.   Sentrifugasi
Permisahan campuran berdasarkan titik didih nyaditunjukkan nomor….
A.  1 dan 2 saja
B.   2 dan 4 saja
C.   1, 2, dan 3
D.  2, 3, dan 4

38.  Perhatikangambarpemisahanzatberikut!
Pernyataan yang benar sesuai gambar adalah….
A.  1 filtrat, 2 filter, dan 3 residu
B.   1 residu, 2 filter, dan 3 filtrat
C.   1 filter, 2 filtrat, dan 3 residu
D.  1 residu, 2 filtrat, dan 3 filter









39.  Perhatikangambarberikut!

Permisahan sesuai gambar disebut….
A. penguapan
B.   distilasi
C.   setrifugasi
D.  kristalisasi

40.  Pemisahan bijih besi dari pasir dan kotoran dilakukan berdasarkan sifat ….
A.  kimia
B.   magnetik
C.   kelarutan
D.  ukuranpartikel


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM UJI MAKANAN (IPA SMP)

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ASAM BASA IPA SMP

Lembar Kerja Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel