SOAL UAS IPA KELAS VII SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2013
SOAL UAS IPA KELAS VII SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2013
.
Maksud dari
mengomunikasikan dalam penyelidikan ilmiah IPA adalah ....
A. menyampaikan hasil penyelidikan secara tulisan saja.
Hal yang disampaikan adalah data, tabel dan gambar yang relevan.
B. menyampaikan penjelasan yang digunakan untuk menemukan
pola-pola atau hubungan-hubungan antar aspek yang
diamati, serta membuat prediksi.
C. menyampaikan hasil penyelidikan baik lisan maupun
tulisan. Data dapat disajikan dalam
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.
D. menyampaikan penjelasan atau hubungan-hubungan antar
aspek yang diamatibeserta
data-data dan tulisan penunjanglainnya.
2.
Perhatikan gambar!
Langkah penyedikan ilmiah yang
dilakukan Anto bertujuan untuk ....
A. mengumpulkan data daninformasi,
dengan panca indra dan alat yang sesuai.
B. Merumuskan penjelasan berdasarkan
pengamatan, untuk menemukan pola-pola
C. Merumuskan hubungan-hubungan, dari
hasil pengamatan serta
membuat prediksi.
D. memperoleh data yang disajikan dalam
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar.
3.
Saat diukur tinggi tanaman
jeruk 40 cm. Setelah
10 hari, tingginya menjadi 80 cm,laju pertumbuhan jeruk tersebut adalah ....
A.
4 cm/hari
B.
8 cm/hari
C.
40 cm/hari
D.
80 cm/hari
4.
Seorang koki melarutkan 5 gram gula ke dalam 500 mL
air panas, berapakah konsentrasi larutan gula yang terjadi?
A.
25
gram/Liter
B.
20
gram/Liter
C.
15
gram/Liter
D.
10
gram/Liter
5.
Perhatikan grafik berikut !
Grafik yang sesuai antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang
dihasilkan adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
6. Hasil pengamatan sebuah bata merah
oleh seorang peserta didik:
1. Warna merah
muda
2. Panjang 25
cm
3. Tebal 10
cm
4. Luas
permukaan 125 cm2
5. Buatan jawa
tengah
6. Dapat bertahan
5 tahun
Data yang merupakan hasil pengamatan murni (bukan taksiran)adalah
….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan
5
C. 2, 4, dan 6
D. 4, 5, dan 6
7.
Perhatikan
data berikut!
1. meter
2. kelvin
3. massa
4. suhu
5.
waktu
6.
sekon
Berdasarkan
data tersebut, yang merupakan satuan adalah ….
A. 1,2,4
B. 2,4,5
C. 1,2,6
D. 3,4,5
8.
Pengertian
mengukur suatu benda menurut fisika adalah ….
A.
Membandingkan
antara satuan
benda dengan benda
yang sejenis
B.
Membandingkan
sebuah besaran dengan satuannya
C.
Menghitung
besaran suatu benda dengan alat
ukur yang sesuai
D.
menentukan
satuan suatu benda dari hasil
pengukuran
9.
Dari
besaran-besaran berikut, yang merupakan besaran turunan adalah ….
A.
meter,
kilogram, sekon
B.
panjang,
massa, waktu
C.
volume,
luas, kecepatan
D.
massa,
volume, waktu
10. Alat ukur yang tepat,
untuk mengukur volume benda yang tidak teratur bentuknya ditunjukkan oleh
gambar ....
A. C.
|
B. D.
11.
Perhatikan gambar berikut !
Berdasarkan
gambar tersebut, pernyataan yang benar tentang gejala kehidupan, adalah . . . .
A. Ayam dan robot sama sama bergerak karena itu memerlukan energi
B. Robot berkembang biak karena itu dapat
diproduksi banyak
C. Ayam mengeluarkan zat sisa, tumbuh dan
berkembang biak
D. Ayam dan robot sama sama bergerak dan peka
terhadap rangsang
12. Tumbuhan putri malu akan mengatup
bila disentuh merupakan salah satu cirri makhluk hidup, yaitu ….
A.
Memiliki kemampuan bergerak
B.
Melakukan adaptasi tingkah laku
C.
Memiliki kepekaan terhadap rangsang
D.
Kemampuan bernapas di dalam air
13. Campuran zat yang serbasama
(homogen) disebut ....
A. suspensi
B. senyawa
C. larutan
D. koloid
14. Perhatikan gambar berikut!
Molekul
senyawa ditunjukkan gambar nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2, dan 3
15. Perhatikan pernyataan berikut!
1. terdiri atas 5 molekul dan 2 jenis unsur
2. setiap molekul terdiri atas 10 atom hidrogen
3. molekul tersebut merupakan molekul senyawa
4. terdapat 5 atom oksigen
dalam setiap molekul
5. merupakan campuran homogen
Pernyataan
yang benar mengenai rumus molekul 5H2O
adalah ….
A. 1 dan 3 saja
B. 2 dan 4 saja
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
16. Perhatikan
pernyataan berikut!
1. Mengamati
karakteristik sifat-sifat berbagai benda.
2. Klasifikasi
benda yang memiliki persamaan sifat.
3.
Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda
masing–masing.
4. Beri
nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.
Langkah-langkah yang benar untuk
mengklasifikasi sekelompok benda adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
1-3-2-4
C.
1-2-4-3
D. 1-3-4-2
17.
Perhatikan gambar berikut!
Kelompok insekta ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 - 2 - 3
B. 1 - 3 - 5
C.2 - 4 – 6
D. 1 - 4 - 5
18.
Perhatikan gambar berikut!
Pengelompokan
Kedua hewan tersebut
didasarkan pada…
A. alat gerak
B.
cara berkembang biak
C.
jenis makanan
D. tempat hidup
19. Perhatikan
kunci determinasi berikut!
1. a. Tidak bertulang belakang ....................................................................... lanjutkan ke nomor 2
b. Mempunyai tulang
belakang .................................................................. lanjutkan ke nomor 3
2 a. Tubuh lunak, tidak bercangkang ............................................................ (a)
b. Tubuh tidak
lunak, kaki berbuku-buku .................................................. lanjutkan ke nomor 4
3. a. Bertelur, bergerak dengan sirip .............................................................. (f)
b. Bertelur,
bergerak bukan dengan sirip ...................................................
lanjutkan ke nomor 5
4. a. Bersayap, bernafas dengan trakhea
........................................................ lanjutkan ke nomor 6
b. Tidak bersayap,
bernafas dengan insang ............................................... (d)
5. a. Menyusui anaknya memamah biak
........................................................ (i)
b. Tidak menyusui
anaknya, tidak memamah biak .................................... lanjutkan ke nomor 7
6. a. Bersayap sisik
....................................................................................... (c)
b. Bersayap lurus
..................................................................................... (g)
7. a. Mengalami metamorfosis
...................................................................... (e)
b. Tidak mengalami
metamorforsis ........................................................... lanjutkan ke nomor 8
8. a. Mengerami telurnya, berdarah panas
.................................................... (h)
b. Tidak mengerami
telurnya, berdarah panas ........................................ (b)
Kunci dikotom yang sesuai untuk burung adalah ....
A. 1b,3b,5b,7b,8a
B. 1b,3b,5b,7a
C. 1a,2b,4a,6a
D. 1a,2b,4a,6b
20.
Perhatikan gambarbeberapahewanberikut!
Hewan-hewan
tersebut termasuk dalam kelas....
A. pisces
B. aves
C. reptil
D. mamalia
21. Perhatikan
gambar berikut!
Fungsi bagian X dan bagian Y adalah ....
A. untuk
menjauhkan lensa objektif terhadap preparat secara lambat dan untuk
mengumpulkan cahaya.
B. untuk
mendekatkan lensa objektif terhadap preparat sedikit sedikit dan mengarahkan
cahaya pada objek.
C. untuk
menggerakkan tubus secara cepat, dan mengarahkan cahaya pada objek.
D. untuk
menaikkan tubus ke atas secara cepat, dan untuk memantulkan cahaya ke luar
22.
Hasil pengamatan siswa dengan menggunakan mikroskop pada
setetes air kolam, nampak seperti gambar berikut.
Makhluk hidup di
atas di masukkan kedalam kelompok ....
A. monera.
B. protista.
C. bakteri.
D. algae.
23. Perhatikan
gambar berikut!
Jamur yang biasa digunakan untuk membuat obat penicilin, dan pembuatan tape
ditunjukkan oleh nomor....
A.
2 dan 3
B.
4 dan 6
C. 1
dan 5
D. 3
dan 4
24.
Berikut ini merupakan ciri ciri tumbuhan kormofita:
1. Memiliki akar, batang dan daun sejati
2. Belum memiliki berkas pengangkut
3. Memiliki rhizoid berfungsi seperti akar
4. Berkembang biak dengan bunga/biji
5. Belum jelas dibedakan akar batang dan daun
6. Mengalami tahapan gametofit dan sporofit
7. Memiliki silem dan floem sebagai alat pengangkutan
Ciri yang menunjukkan tanaman kormofita berspora adalah ....
A. 2,
3, 5
B. 3, 5, 6
C. 4, 5, 7
D. 6, 4, 7
25. Perhatikan
gambar berikut!
A.
1,2,3,4
B.
5,6,7,8
C.
1,3,6,8
D.
2,4,5,7
26.
Perhatikan gambar berikut!
Kelompok hewan avertebrata ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1,2,3,4,5
B. 6,7,8,9,10
C.
1,4,7,8,10
D. 2,3, 5, 6, 9
27. Perhatikan
gambar berikut!
Urutan organisasi kehidupan dari nomor 1 sampai dengan
no.6 yang benar adalah ....
A.
sel-molekul-jaringan-organ-sistem organ-organisme
B.
molekul-sel-jaringan-organ-sistem organ-organisme
C.
molekul-jaringan-sel-organ-sistem organ-organisme
D.
organisme-sistem organ-organ-jaringan-sel-molekul
28. Perhatikan gambar jaringan berikut!
Fungsi jaringan tersebut adalah….
A. menghantarkan
impuls
B. mengangkut oksigen
C. melindungi jaringan
lainnya
D. mengangkut
sari-sari makanan
29. Perhatikan
gambar berikut!
Nama organ yang sesuai dengan urutan nomor adalah ….
A.
lambung-hati-usus buntu-empedu-mulut
B.
lambung-usus buntu-hati-empedu-mulut
C.
hati-empedu-usus buntu-lambung-mulut
D.
hati-lambung-usus buntu-empedu-mulut
30. Perubahan zat berikut yang termasuk
perubahan fisika adalah ….
A.
mendidih,
menguap, mengembun
B.
menyublim,
fermentasi, membeku
C.
mengembun,
menyublim, oksidasi
D.
membusuk,
meleleh, menguap
31. Elektrolisis air adalah proses
perubahan ….
A.
air
menjadi oksigen dan hydrogen dengan arus listrik
B.
oksigen
dan hidrogen menjadi air dengan arus listrik
C.
unsure
dan molekul menjadi senyawa dengan arus listrik
D.
senyawa
menjadi unsur-unsurnya dengan arus listrik
32. Perhatikangambarberikut!
Gambar 1 dan 2 secara
berturut-turut menunjukkan perubahan….
A.
Fisika
dan kimia
B.
Fisika
dan fisika
C.
Kimia
dan fisika
D.
Kimia
dan kimia
33. Perhatikan tabel berikut!
Perbedaan
yang benar adalah….
No
|
Perubahan
Fiska
|
Perubahan
Kimia
|
A
|
Timbul zat baru
|
Tidak timbul zatbaru
|
B
|
Perubahan wujud zat
|
Perubahan susunan molekul
|
C
|
Menyerap energy
|
Melepaskan energi
|
D
|
Timbul endapan
|
Tidak timbul endapan
|
34. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
terbentuknya
gas
2.
terjadinya
perubahan warna
3.
terjadinya
perubahan wujud
4.
terbentuknya
endapan
Peristiwa yang
termasuk cirri perubahan
kimia antara lain ditunjukkan
nomor ….
A.
1
dan 2 saja
B.
2
dan 3 saja
C.
1,
2, dan 4
D.
2,
3, dan 4
35. Manakah pemisahan zat yang
dilakukan berdasarkan ukuran partikel?
A. Garam dari air laut
B. Santan dari ampasnya
C. Alkohol dari pelarutnya
D. Yodium dari kotorannya
36. Pemisahan minyak bumi mentah menjadi
bensin berdasarkan ….
A. titik didihnya
B. ukuran partikelnya
C. massa jenisnya
D. kandungan bahan kimianya
37. Jenispemisahancampuran:
1. Distilasi
2. Sublimasi
3. Penyaringan
4. Sentrifugasi
Permisahan
campuran berdasarkan titik didih nyaditunjukkan nomor….
A. 1 dan 2 saja
B. 2 dan 4 saja
C. 1, 2, dan 3
D. 2, 3, dan 4
38. Perhatikangambarpemisahanzatberikut!
Pernyataan
yang benar sesuai gambar adalah….
A. 1 filtrat, 2 filter, dan 3 residu
B. 1 residu, 2 filter, dan 3 filtrat
C. 1 filter, 2 filtrat, dan 3 residu
D. 1 residu, 2 filtrat, dan 3 filter
39. Perhatikangambarberikut!
Permisahan
sesuai gambar disebut….
A. penguapan
B. distilasi
C. setrifugasi
D. kristalisasi
40. Pemisahan bijih besi dari pasir dan
kotoran dilakukan berdasarkan sifat ….
A. kimia
B. magnetik
C. kelarutan
D. ukuranpartikel
Komentar
Posting Komentar