RPP kurikulum 2013 revisi 2016 (Model Project Based Learning)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP…
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VII / 1
Materi : Klasifikasi materi dan perubahanya
Sub materi : Perubahan fisika dan perubahan kimia
Alokasi Waktu : 2 JP ( 2 x pertemuan )
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
3.3 Memahami konsep campuran dan
zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.1
Menentukan
perubahan fisika dan kimia
|
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan
fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
4.3.1
Menyajikan perubahan fisika dan perubahan kimia
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan
kimia
2.
Menjelaskan
jenis-jenis perubahan fisika dan perubahan kimia
3.
Menyebutkan
contoh-contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.
Membuat salah
satu produk hasil dari perubahan kimia
5.
Menyusun
laporan kegiatan pembuatan salah satu produk hasil dari perubahan kimia
6.
Menyajikan hasil karya pembuatan produk hasil dari perubahan
kimia
E. Materi
Pembelajaran
·
Perubahan
Fisika dan Perubahan Kimia
Perubahan
zat dapat bersifat sementara dan bersifat tetap. Perubahan sementara maksudnya
perubahan yang hanya terjadi selama hal yang menyebabkan perubahan itu bekerja.
Perubahan tetap atau kekal adalah perubahan yang dialami suatu zat yang hasil
perubahannya tetap terjadi, meskipun penyebab perubahan zat itu sudah tidak
bekerja lagi.
Jika
suatu zat diberikan energi maka zat itu akan mengalami perubahan yang
ditentukan oleh keadaan dan sifat zat. Perubahan yang terjadi dapat berupa
perubahan fisika dan perubahan kimia.


Lampu pijar beras
tumbuk


Singkong rebus
ES mencair
·
Perubahan
fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat jenis baru. Misalnya, air
didinginkan menjadi es. Itu berarti wujudfisika air berubah dari cair menjadi
padat. Jika pendinginan dihentikan, es kembali menjadi air. Perubahan zat
berlangsung sementara padaperistiwa ini. Artinya, perubahan hanya terjadi
selama zat mendapat pengaruh dari luar yang menyebabkan perubahan itu,
sedangkan jenis zatnya tidak mengalami perubahan.
·
Perubahan
kimia adalah perubahan zat yang menghasilkan jenis zat baru. Contohnya, kertas
dibakar menjadi abu. Setelah pemanasan berakhir, abu tidak dapat berubah lagi
menjadi kertas. Sifat dan jenis abu sudah berubah dengan sifat dan jenis kertas
·
Perubahan
kimia juga banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pembusukan
makanan yang tidak baik penyimpananya, singkong menjadi tapai, dan petasan yang
meledak.Coba kamu sebutkan perubahan kimia lainnya yang kamu alami
dalam kehidupan sehari-hari.
D. Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan :
Saintifik
2) Model : Projek based learning ( PjBL )
3) Metode :
Diskusi dan Praktikum
E.
Media, alat dan sumber pembelajaran
Media : Laptop, LCD,
Kamera
Alat dan bahan :
1.
Kompor
2.
Panci
3.
Gelas plastik
4.
Piring
5.
Ragi
6.
Toples tertutup
7.
Pengaduk
8.
Singkong
Sumber belajar : Buku
paket, internet, buku panduan guru.
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Project
BL
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi dan motivasi
Stimulasi
|
·
Guru memberi salam pada siswa
·
Siswa memimpin doa sebelum proses
pembelajaran dimulai
·
Guru mendata kehadiran siswa
·
Guru memberikan ice breaking kepada
siswa dengan megajak siswa untuk melakukan gerakan tangan
·
Guru mengulas tentang materi sebelumnya.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru memberikan pertanyaan:
“Bagaimana es bisa mencair, roti membusuk, singkong menjadi tape
·
Guru
memperlihatkan gambar tempe, roti, keju, yoghurt, dll (mengamati)
·
Siswa membuat pertanyaan sesuai dengan
gambar-gambar yang diperlihatkan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Menyusun Perencanaan
Proyek
|
·
Siswa diberikan tugas untuk membuat
produk hasil perubahan kimia yaitu tapai
·
Siswa secara berkelompok mendiskusikan
rencana yang akan dilakukan di rumah dalam rangka pembuatan produk (tapai)
berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dari berbagai sumber
·
Siswa mempresentasikan hasil rancangan
yang telah dibuat
|
60 menit
|
Menyusun Jadwal
|
·
Siswa dibimbing oleh guru untuk
menentukan waktu pembuatan dan pengamatan dalam proses pemeraman tape sekitar
3 hari kedepan (mencoba, menalar)
|
||
Menyelesaikan proyek dan
Monitoring
|
·
Siswa mengamati sifat bahan dasar
pembuatan produk (singkong)
·
Siswa melakukan proses pemeraman dan
melakukan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi
·
Siswa mengisi hasil pengamatan pada
tabel pengamatan
|
||
Penyusunan laporan
dan presentasi
|
·
Siswa
menyusun laporan hasil pembuatan produk
·
Siswa
mempresentasikan laporan hasil pembuatan produk
|
||
Evaluasi Pengalaman
|
·
Siswa
mengerjakan soal evaluasi
|
||
Penutup
|
·
Siswa dan guru merefleksi hasil
kegiatan pembelajaran
·
Siswa mengucapkan salam untuk mengakhiri
proses pembelajaran
|
10 menit
|
F.
PENILAIAN
Aspek dan bentuk instrument
Aspek
|
Bentuk Instrumen
|
Pengetahuan
|
Lembar soal
|
Keterampilan
|
Lembar penilaian proses dan produk
Lembar penilaian laporan Kerja
|
Mengetahui Jakarta,
27 September 2017
Kepala SMP Negeri 46
Jakarta
Guru
mata pelajaran
Dra. Mahanik, M. Pd Heni
Agustina, M. Pd
NIP. 196104131981122003 NIP.
197608262008012011
Lampiran 1.
INSTRUMEN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Ø Lembar
Penilaian Keterampilan Proses dan Produk
Rubrik penilaian
Keterampilan Proses dan Produk
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Kemampuan Merencanakan
|
3
|
perencanaan lengkap tetapi tidak rinci
|
2
|
perencanaan kurang lengkap jika hanya 2 komponen
|
||
1
|
perencanaan salah
|
||
2
|
Kemampuan meyiapkan alat dan bahan yang digunakan
|
3
|
jumlah bahan dan takaran cukup
|
2
|
jumlah bahan cukup dan takaran kurang
|
||
1
|
jumlah
bahan dan takaran tidak sesuai
|
||
3
|
Menghasilkan tekstur dan rasa dari tapai
singkong
|
3
|
tape singkong matang dan rasanya manis
|
2
|
tape singkong kurang matang, rasa kurang
manis
|
||
1
|
tape singkong tidak matang, rasa tidak manis
|
||
4
|
Kemampuan melaporkan hasil
|
3
|
Hasil pelaporan
rinci dan berurutan
|
2
|
hasil pelaporan
rinci tetapi tidak berurutan
|
||
1
|
hasil pelaporan
salah
|
NIlai = 

Instrumen penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Ø Lembar
Penilaian Laporan Kerja
Rubrik penilaian Laporan
Kerja
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Sistematika laporan
|
3
|
Laporan diisi lengkap dan tepat
|
2
|
Laporan diisi lengkap tetapi kurang tepat
|
||
1
|
Laporan diisi kurang lengkap dan kurang tepat
|
||
2
|
Lampiran
|
3
|
Lampiran berupa video dan gambar
|
2
|
Lampiran hanya berupa video atau hanya berupa gambar
|
||
1
|
Tidak ada lampiran
|
NIlai = 

Instrumen penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|
1
|
2
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Ø Lembar
Penilaian Pengetahuan
Rubrik
No
|
Indikator Soal
|
Soal
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia
|
Tuliskan cirri-ciri
terjadinya perubahan fisika dan perubahan kimia!
|
6
|
2.
|
Menjelaskan jenis-jenis perubahan fisika dan perubahan kimia
|
Jelaskan jenis-jenis
peristiwa yang termasuk perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari!
|
8
|
3.
|
Menyebutkan contoh-contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tuliskan
masing-masing 3 contoh perubahan fisika dan kimia!
|
6
|
NIlai = 

Semoga contoh RPP ini bermanfaat :)
BalasHapusijin copy ...
BalasHapussangat bermanfaat terimakasih
BalasHapusApa ya Rumus untuk menentukan nilai proyek ??
BalasHapusKok gk d respon mbak??
Hapus