RPP K-13 versi Revisi Model Discovery Based Learning (Listrik Dinamis)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN    : SMP BAIT AL RAHMAN           
MATA PELAJARAN                      : IPA
KELAS/SEMESTER           : IX/GANJIL
TAHUN PELAJARAN       : 2017/2018    
ALOKASI WAKTU            :  3 JP (120 MENIT)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
  
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5  Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
3.5.1        Mengetahui perbedaan kekuatan nyala lampu antara rangkaian seri dengan rangkaian parallel (hambatan pada semua lampu sama)
3.5.2        Mengetahui yang terjadi bila salah satu lampu dicopot/mati pada rangkaian seri
3.5.3        Mengetahui yang terjadi bila salah satu lampu dicopot/mati pada rangkaian seri
3.5.4        Mengetahui jenis rangkaian yang lebih baik digunakan pada pemasangan lampu-lampu tiap ruang
4.5  Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik
4.5.1        Merangkai rangkaian listrik seri dan paralel sederhana
4.5.2        Menyajikan hasil rancangan rangkaian seri dan parallel

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Mampu memaparkan perbedaan kekuatan nyala lampu antara rangkaian seri dengan rangkaian parallel (hambatan pada semua lampu sama)
2.      Mampu menjelaskan apa yang terjadi bila salah satu lampu dicopot/mati pada rangkaian seri
3.      Mampu menjelaskan apa yang terjadi bila salah satu lampu dicopot/mati pada rangkaian seri
4.      Mampu menjelaskan jenis rangkaian yang lebih baik digunakan pada pemasangan lampu-lampu tiap ruang
5.      Mampu merangkai rangkaian listrik seri dan parallel
6.      Mampu menyajikan hasil rancangan rangkaian seri dan parallel


D.    MATERI PEMBELAJARAN

E.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan                       : Saintifik
Metode Pembelajaran       : Eksperimen dan diskusi
Model Pembelajaran         : Discovery Based Learning

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Ø  Media :
©  Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
©  Lembar Penilaian
Ø  Alat/Bahan :


©  Kabel
©  Bola lampu kecil 4 buah
©  Baterai besar 1 buah
©  Solatip
©  Gunting
©  Fiber


Ø  Sumber Belajar:
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah Discovery Learning
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi dan motivasi
·   Guru memberi salam dan memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
10 menit
Inti
Stimulasi



·   Siswa diperlihatkan tayangan video yang berhubungan dengan aplikasi rangkaian seri dan parallel
100 menit

Identifikasi masalah
·   Siswa diberi kesempatan mengomentari isi video tersebut

Pengumpulan data
·   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
·   Siswa diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
·   Secara berkelompok melakukan percobaan “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel” sesuai LKPD.
·   Siswa diingatkan untuk melakukan percobaan dengan cermat, jujur, dan bekerjasama dengan kelompoknya.
·   Siswa mencatat hasil pengamatan pada LKPD

Pengolahan data
·   Siswa mendiskusikan hasil percobaan dan pertanyaan yang ada pada LKPD bersama kelompoknya masing-masing

Pembuktian

·   Salah satu kelompok mengomunikasikan hasil percobaannya di depan kelas
·   Kelompok lain menanggapi dan membandingkan dengan hasil percobaan yang diperoleh

Generalisasi
·   Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil percobaan yang telah dilakukan dan mencatat kesimpulannya pada lembar kerja

Penutup

·   Siswa dibimbing guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
·   Siswa disarankan membaca materi pertemuan berikutnya di rumah
·   Guru menutup pembelajaran
10 menit


H.    PENILAIAN 
Aspek dan bentuk instrument
Aspek
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar penilaian sikap
Pengetahuan
Lembar penilaian pengetahuan
Keterampilan
Lembar penilaian keterampilan

Jakarta, 6 Oktober 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah



___________________________



Guru Mata Pelajaran



______________________

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM UJI MAKANAN (IPA SMP)

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ASAM BASA IPA SMP

Lembar Kerja Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel