RPP IPA SMP versi K-13 Revisi (Satuan Baku & Tidak Baku) Model Discovery Learning

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN    : SMP BAIT AL RAHMAN           
MATA PELAJARAN                      : IPA
KELAS/SEMESTER           : VII/GANJIL
TAHUN PELAJARAN       : 2017/2018    
ALOKASI WAKTU            :  2 JP (80 MENIT)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.







B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1  Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
3.1.1        Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.2        Menyebutkan contoh satuan baku
3.1.3        Menyebutkan contoh satuan tidak baku
3.1.4        Memahami perlunya satuan baku dalam kehidupan
4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.1.1        Melakukan pengukuran dengan alat ukur yang ditentukan secara tepat
4.1.2        Membaca hasil pengukuran dengan teliti
4.1.3        Menyajikan data hasil pengukuran di depan kelas dengan percaya diri

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Mampu membedakan satuan baku dan satuan tidak baku
2.      Mampu menyebutkan contoh satuan baku
3.      Mampu menyebutkan contoh satuan tidak baku
4.      Mampu memahami pentingnya satuan baku
5.      Mampu menggunakan alat ukur secara tepat
6.      Mampu membaca hasil pengukuran secara teliti
7.      Mampu menyajikan data hasil pengukuran di depan kelas dengan percaya diri





D.    MATERI PEMBELAJARAN

E.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan                       : Saintifik
Metode Pembelajaran       : Eksperimen dan diskusi
Model Pembelajaran         : Discovery Based Learning

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Ø  Media :
©  Lembar kerja (siswa)
©  Lembar penilaian
Ø  Alat/Bahan :


©  Meteran
©  Tali
©  Gelas ukur
©  Sendok
©  Larutan Sirup  


Ø  Sumber Belajar:
©  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah Discovery Learning
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi dan motivasi
·   Guru memberi salam dan memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·   Guru menguji daya ingat materi sebelumnya yang masih ada kaitannya dengan materi pembelajaran kali ini
·   Siswa duduk bersama dengan kelompoknya masing-masing serta mempersiapkan alat dan bahan yang dibawa
·   Siswa diberikan LKPD yang akan digunakan pada percobaan
10 menit
Inti
Stimulasi





Identifikasi masalah


Pengumpulan data dan analisis data





Pembuktian

Generalisasi
·   Guru menunjukkan alat ukur “meteran”, kemudian bertanya “mengapa tukang jahit lebih memilih menggunakan meteran untuk mengukur bahan pakaian daripada menggunakan jengkal tangannya?”

·   Siswa secara berkelompok melakukan percobaan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku sesuai petunjuk LKPD

·   Siswa mencatat hasil pengukuran pada LKPD
·   Siswa diingatkan untuk melakukan percobaan dengan cermat, jujur, dan bekerjasama dengan kelompoknya.
·   Siswa mendiskusikan hasil percobaan bersama kelompoknya masing-masing dan mencatat hasil diskusinya pada LKPD

·   Siswa mengomunikasikan hasil percobaan di depan kelas
·   Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil percobaan yang telah dilakukan dan mecatat kesimpulannya pada lembar kerja
·   Setiap kelompok memaparkan kesimpulan yang diperoleh
60 menit
Penutup

·   Siswa dibimbing guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
·   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
·   Siswa disarankan membaca materi untuk pertemuan berikutnya di rumah
·   Guru menutup pembelajaran
10 menit

H.    PENILAIAN 
Aspek dan bentuk instrument
Aspek
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar penilaian sikap
Pengetahuan
Lembar soal
Keterampilan
Lembar penilaian keterampilan

Jakarta, 5 Oktober 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah



___________________



Guru Mata Pelajaran



_____________________





Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM UJI MAKANAN (IPA SMP)

LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ASAM BASA IPA SMP

Lembar Kerja Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel