LEMBAR KERJA PRAKTIKUM PERUBAHAN MATERI
LEMBAR KERJA PRAKTIKUM
PERUBAHAN MATERI
SMP BAIT AL RAHMAN
TUJUAN
Membandingkan
perubahan fisika dan perubahan kimia
TEORI
SIFAT MATERI
Sifat materi dibedakan menjadi 2, yaitu :
1.
Sifat
fisika : sifat materi
yang dapat diamati secara langsung, seperti massa, volume, rasa, bau, titik
didih, titik leleh, kekerasan, wujud, kelarutan, dan kalor/panas.
2.
Sifat kimia : sifat materi yang dapat diamati jika
terjadi perubahan/ pembentukan materi menjadi materi lain, seperti : mudah/
tidaknya terbakar, mudah/tidaknya berkarat.
PERUBAHAN MATERI
Perubahan materi ada 2 macam :
1.
Perubahan
fisika : perubahan zat
yang TIDAK menghasilkan zat baru, hanya menyangkut perubahan keadaan (bentuk,
wujud)
Ciri-ciri :
-
Tidak menghasilkan
zat baru
-
Umumnya
dapat dikembalikan ke bentuk semula
-
Rasa
sebelum dan sesudah sama (untuk zat yang dapat dirasakan)
-
Umumnya
hanya mengalami kelarutan, perubahan bentuk, perubahan wujud, perubahan volume.
2.
Perubahan
kimia : perubahan zat
yang menghasilkan zat baru dengan sifat yang berbeda dari zat sebelumnya.
Ciri-ciri :
-
menghasilkan
zat baru
-
tidak dapat
dikembalikan ke bentuk semula
-
Ada
perubahan rasa
- Adanya
gelembung gas
-
terbentuknya
endapan
-
terjadi
perubahan warna
PETUNJUK PRAKTIKUM
A.
PELARUTAN GARAM
DALAM AIR
Alat dan Bahan
1.
Air 3. Sendok
2.
Garam 4. Gelas
Cara Kerja
1.
Cicipi rasa
garam
2.
Larutkan 1
sendok makan GARAM ke dalam ½ gelas AIR
3.
Cicipi rasa
larutan tersebut. Bandingkan rasa garam sebelum dilarutkan dan setelah
dilarutkan.
Data Pengamatan
1.
Rasa garam
sebelum dilarutkan : __________________
2.
Rasa garam setelah
dilarutkan dalam air : __________________
Pertanyaan
1.
Dapatkah
garam yang telah dilarutkan diubah ke bentuk semula? Jika bisa, bagaimana
caranya?
2.
Adakah zat
baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.
__________________________________________________________________________
2.
__________________________________________________________________________
Kesimpulan
Garam yang
dilarutkan dalam air termasuk perubahan _________________
Karena
___________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________________
B.
ES MENCAIR
Alat dan bahan
1.
Es
2.
Sendok
3.
Lilin
4.
Korek
Cara Kerja
1.
Amati
wujud, warna, dan rasa es
2.
Letakkan
sebongkah es di atas sendok
3.
Nyalakan
lilin
4.
Panaskan es
di atas lilin
5.
Amati
perubahan (wujud, warna, rasa) yang terjadi pada es yang telah mencair
Data pengamatan
Sebelum
|
Sesudah
|
|
Wujud
|
||
Warna
|
||
Rasa
|
Pertanyaan
1. Apakah es yang telah mencair dapat
dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa, dengan cara apa?
2.
Adakah zat
baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawaban
1.
__________________________________________________________________________
2.
__________________________________________________________________________
Kesimpulan
Es yang mencair
termasuk perubahan ______________________
Karena
___________________________________________________________________________
C.
MENTEGA DILELEHKAN
Alat dan Bahan
1.
Mentega
2.
Sendok
3.
Lilin
4.
Korek
Cara Kerja
1.
Perhatikan
bentuk, warna, dan rasa mentega
2.
Letakkan
mentega di atas sendok
3.
Nyalakan
lilin
4.
Panaskan
mentega di atas lilin
5.
Amati perubahan
yang terjadi pada mentega (bentuk, warna, dan rasa)
Data Pengamatan
Sebelum
|
Sesudah
|
|
Bentuk
|
||
Warna
|
||
Rasa
|
Pertanyaan
1.
Apakah
mentega yang telah meleleh dapat dikembalikan ke bentuk asal? Jika bisa, dengan
cara apa?
2.
Adakah zat
baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.
__________________________________________________________________________
2.
__________________________________________________________________________
Kesimpulan
Mentega yang
meleleh termasuk perubahan ______________________
Karena
___________________________________________________________________________
D.
CUKA + SODA KUE
Alat dan Bahan
1.
Cuka 2. Soda kue 3. Botol 4.
balon
Cara Kerja
1.
masukkan 1
sendok makan SODA KUE ke dalam balon
2.
masukkan 50 mL CUKA ke dalam botol
3.
tempelkan
balon ke mulut botol
4.
angkat
balon hingga soda kue jatuh ke dalam botol
5.
amati yang
terjadi
Data Pengamatan
Peristiwa yang
terjadi : ______________________________________________________________
Pertanyaan
1. Bisakah cuka dan soda kue dikembalikan ke
bentuk semula? Jika bisa, dengan cara apa?
2.
Adakah zat
baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.
__________________________________________________________________________
2.
__________________________________________________________________________
Kesimpulan
Reaksi antara cuka
dan soda kue mengalami perubahan ________________
Karena
___________________________________________________________________________
E.
PEMBAKARAN KEMBANG
API
Alat dan Bahan
1.
Kembang api
2.
Korek
Cara Kerja
1.
amati
bentuk dan warna kembang api yang belum dibakar
2.
bakar
kembang api
3.
amati
perubahan (bentuk dan warna) yang terjadi
Data Pengamatan
Sebelum
|
Sesudah
|
|
Bentuk
|
||
Warna
|
Pertanyaan
1.
Apakah
kembang api yang telah dibakar dapat dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa,
dengan cara apa?
2.
Adakah zat
baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.
__________________________________________________________________________
2.
__________________________________________________________________________
Kesimpulan
Kembang api yang
dibakar termasuk perubahan ___________________
Karena
___________________________________________________________________________
F.
PEMBUATAN GULALI
Alat dan Bahan
1.
Gula
2.
Sendok
3.
pengaduk
3.
lilin
4.
korek
Cara Kerja
1.
Amati
bentuk dan warna gula yang belum dipanaskan
2.
Letakkan gula
di atas sendok
3.
Panaskan gula
di atas lilin
4.
Jika sudah
meleleh secara merata, cetak lelehan gula di atas tutup kaleng
4.
Amati
perubahan (rasa, bentuk dan warna) yang terjadi pada gula
Data Pengamatan
Sebelum
|
Sesudah
|
|
Rasa
|
||
Bentuk
|
||
Warna
|
Pertanyaan
1.
Apakah gula
yang telah dibakar dapat dikembalikan ke bentuk semula? Jika bisa, dengan cara
apa?
2.
Adakah zat
baru yang dihasilkan? Jika ada, zat apa yang terbentuk?
Jawab
1.
__________________________________________________________________________
2.
__________________________________________________________________________
Kesimpulan
Kembang api yang
dibakar termasuk perubahan ___________________
Karena
___________________________________________________________________________
contoh praktikum perubahan kimia
contoh praktikum perubahan kimia
contoh lain
Komentar
Posting Komentar